Tahukah anda ?


Tahukah anda siapa yang penemu bahan kertas pertama kali?
 Penemunya bernama Ts’ai Lun, seorang pegawai negeri pada pengadilan kerajaan yang kemudian diangkat menjadi sekretaris kerajaan pada masa Dinasti Han. Dengan jabatannya tersebut, pekerjaan Ts’ai Lun selalu berhubungan dengan urusan tulis menulis. 

Pada masa itu, umumnya warga Cina menggunakan pelepah bambu dan bahan sutra  untuk media tulisnya. Buku dari bambu tersebut sangat berat, sehingga sulit dibawah ke mana-mana, sedangkan buku berbahan sutra harganya sangat mahal.
Inilah hal yang mendasari Ts’ai Lun untuk berupaya mencari alternatif bahan untuk media tulis menulis yang murah dan mudah dibawa ke mana-mana. Pada tahun 105 Masehi, Ts’ai Lun mempersembahkan contoh kertas kepada Kaisar Ho Ti (Catatan Tiongkok tentang penemuan Ts’ai Lun ini terdapat dalam penulisan sejarah resmi dinasti Han).
Penemuan Ts’ai Lun ini membuat perubahan radikal dan bersejarah dalam hal tulis menulis di negeri Cina. Penemuan ini segera berkembang dan tersebar ke Arab dan Eropa, hingga ke seluruh dunia. Penemuan penting yang menjadi sebuah warisan dunia yang sangat bermanfaat bagi kehidupan di dunia.                     
Gimana gan ?                                                                                                               Bayangkan bila tidak ada kertas mau tulis dimana kita ?


0 komentar:

Posting Komentar

TULIS UNEK-UKEK ANDA